cube explorerJika anda memiliki sebuah rubik tetapi sampai saat ini belum bisa menyelesaikannya. Anda bisa mencoba Cube Explorer, Software yang biasa di pakai secara resmi oleh World Cube Asociation (WCA) untuk mengacak cube. Software ini dapat mengetahui algoritma tercepat dalam meyelesaikan cube bahkan hanya 20 langkah saja. Cara pemakaiannya: – Siapkan Rubik yang telah teracak. – Cocokkan warna rubik anda terhadap facelet dengan cara memilih warna center dari yang ingin anda tukar sehingga warna tersebut menjadi selected Color, lalu klik cuztomized Selected color dan pilih warnanya. – Masukkan warna ke Facelet menyerupai warna rubik anda. – Tekan Tombol Add and Solve – Maka di Main Window akan terdapat gambar rubik anda dan Manuver-nya untuk men-Solve Rubik tersebut. – Programnya akan mencari terus algoritma tercepatnya, jika anda ingin segera mencobanya, tekan tombol Stop(kotak berwarna merah di samping tulisan optimal) sehingga program menghentikan pencarian algoritmanya.



Kemampuan Cube Explorer tidak sampai di situ saja, Software ini juga dapat mencari Pattern. Misalkan anda ingin mencari Patter Seperti di gambar di bawah ini.

Caranya Bukalah Cube Explorer lalu masuklah ke Tab Patter Editor. Masukkan warna seperti gambar dibawah ini Selanjutnya klik Star search. Lalu klik tombol Play. Lakukan gerakannya pada Cube yang telah solve.

Selain itu Cube Explorer bisa mencari bentuk-bentuk simetri dari rubik dan merekam warna rubik anda pada web cam untuk di Solve.

Software ini dapat anda Download di
http://rapidshare.com/files/145638364/cubeexplorer.zip.html