Biasanya komputer yang terkena virus akan sulit untuk dibersihkan. Ini disebabkan karena si virus berusaha mempertahankan dirinya di komputer tersebut.

Umumnya korban yang komputernya terkena virus akan menyerah dan mengistall ulang komputernya tersebut.

Tetapi ada beberapa cara untuk membersihkan virus tersebut sebelum kita mencoba cara terakhir yaitu install ulang.

Caranya:

1. Coba dengan me-restore komputer ke waktu sebelum ke infect, caranya: start > program> accessories> system tools > system restore, pilih restore my computer to an earlier time, pilih waktu sebelum komputer ter-infect, jika cara ini sudah dilakukan tetapi virusnya tetap ada, jangan kuatir, saya masih punya beberapa cara lainnya.

2. cabut harddisk, pasang harddisk di komputer lain yang punya antivirus uptodate, trus scan harddisknya, kalau anda malas mencabut-cabut harddisk ikuti cara selanjutnya.

3. Mengubah caption antivirus

Scan dengan antivirus ter-uptodate (usahakan yang tidak bajakan, yang free udah banyak kok di internet), kalau antivirusnya tidak bisa ter-install, berarti si virus udah nge blok antivirus dengan cara membaca nama file antivirus tersebut, atau caption si antivirus, kalau udah begini kita mesti download program sandbox, di www.sandboxie.com (freeware lho!), si sandbox ini bisa merubah caption dengan menambahkah tanda “#”,

Trus install deh sandboxnya. Selanjutnya install antivirus tersebut di komputer lain, trus rename file si antivirus, misalnya nama programnya “avcenter.exe” (avira) ubah menjadi apapun => mis: pnyagw.exe(jangan ada kata virus,removal,hjsplit dll), trus paste folder si antivirus tersebut ke kompotur anda, buka folder tersebut cari nama program antivirus, klik kanan trus pilih run sandboxed,

terlihat ada tanda [#],

contohberarti virusnya tidak dapat nge-blok program antivirus ini. Selanjutnya? anda pasti tau apa yang harus dilakukan. Selamat mencoba (nb: fungsi utama sandbox bukan untuk mengganti caption, pembahasan sandbox akan dibicarakan nanti, tunggu aja )

4. mencari virus di dalam komputer

Cara ini dilakukan jika si antivirus belum mampu ngebasmi virus yang ngeinfek komputer anda. Untuk mencari virus di dalam komputer kita gunakan program “super finder”. Langkah-langkahnya seperti ini:

1. pada umumnya si virus pasti mengcopykan dirinya ke Flashdisk, nah colokan flashdisk

2. Buka notepad, ketik “attrib -r -h -s /d /s”(tanpa tanda petik) ket: -r :menghilangkan attribut read only, -h : menghilangkan attribut hidden, -s : menghilangkan attribut system(superhidden).

3. Save dengan nama show.bat, sebelumnya ubah save as type dengan all files. Savenya di flashdisk

4 Buka flashdisk, doubleclick file show.bat, semua file yang di hidden pasti terbuka, jika cara ini tidak bisa, lakukan di komputer lain yang masih sehat.

5. jika ada file autorun.inf, buka file tersebut, cari program yang dituju oleh si autorun

6. kalau sudah ketemu si virus, ganti extensionnya menjadi txt, caranya buka notepad ketik “ren vgbn.exe adoow.txt”, di sini dicontohkan nama virusnya vgbn.exe, jadi ubah vgbn.exe dengan nama virus yang anda temuin, save dengan rename.bat, save di flashdisk, doubleklik rename.bat

7. si virus akan berubah jadi teks, buka adoow.txt trus akan muncul simbol-simbol yang aneh, cari teks yang bisa terbaca, kalau pusing mencari teksnya, gunakan fileanalyzer.

8. carilah virus tersebut dengan program superfinder, setelah ketemu virus delete dengan menggunakan file ISO linux. kenapa linux? karena program virus ini akan sangat susah di delete di windows oleh karen itu sebaiknya gunakan Linux untuk mendelete file ini. setelah virus hilang anda dengan aman bisa masuk ke Windows lagi.

Sekian tulisan dari saya. semoga membantu anda yang sedang menemui masalah tentang virus komputer.

Advertisements